Sunday, June 30, 2013

A (Truly) Whole New World

Posted by Icha at 11:09 AM
Pagi ini saya sengaja milih soundtrack film sebagai temen belajar. Soalnya Propagasi Sel lumayan bikin mumet, jadi saya kepengen belajar sambil rileks, sambil berkhayal :D

Sekarang yang sedang keputer di playlist adalah lagu-lagu soundtrack film Aladdin, kartun Disney favorit saya sepanjang masa (setelah Lion King tentunya). Sejak awal saya tau Disney dan fairytales-nya yang indah-indah itu, saya memutuskan bahwa Aladdin adalah juaranya. Mungkin gara-garanya waktu SD Papah beliin saya CD Classic Disney dan lagu pertama di CD itu adalah A Whole New World. Lagu itu sukses mengambil hati saya. Setelah nonton filmnya, saya makin suka.

Saya pun ngga ngerti kenapa saya bisa segitu cintanya sama Aladdin, tapi ya, saya emang suka kisah cinta 'beda kasta' yang jadi tema utama cerita itu. Saya suka Jasmine yang segitu bodo amatnya, naksir ya naksir aja, meskipun cowok yang dia taksir cuma cowok miskin yang, ehm, kerjaannya aja nyolong di pasar. Dan naksirnya simply karena dia tau cowok ini berhati baik. Emang siiihh, namanya juga manusia. Aladdin pun sempet keblinger, minta ke jin lampu biar dijadiin pangeran demi bisa pedekate sama sang putri. Tapi toh setelah kedoknya kebongkar dia ngga lari dari masalah. Lalu singkat cerita, taraaaaaaaaa... Jadian juga mereka berdua :D

Kalau dipikir-pikir lagi, dan setelah beberapa kali liat film, baca ceritanya, dan dengerin lagunya, saya mulai pinter berspekulasi. Mungkin Jasmine jatuh cinta sama Aladdin bukan semata-mata karena Aladdin baik hati, mau nolongin dia dan sebagainya. Saya justru ngerasa jangan-jangan Jasmine bener-bener jatuh cinta sama Aladdin gara-gara dibawa terbang pake karpet terbang itu. Di film, pas terbang itu (dan lagunya A Whole New World), Aladdin ngajak Jasmine jalan-jalan ke berbagai tempat yang selama ini pengen dijelajahi sang putri tapi ngga bisa karena terhalang tembok istana (tsaaaaahhh). Diajak terbang ke Cina, Afrika (karena ada padang rumput dan kuda-kuda) sampe ke Yunani. Bagi Jasmine, Aladdin membuka matanya, menunjukkan tempat-tempat baru yang belum pernah dia tau, memberi dia petualangan yang dia inginkan. Makanya lagunya pun judulnya A Whole New World, dunia yang baru. Dunia yang selama ini emang udah ada, tapi baru dia liat setelah Aladdin menunjukkan dunia itu padanya. Bagi Jasmine, dunia itu serasa baru :)

Bahkan di lagu Out of Thin Air, yang jadi soundtrack-nya Aladdin 2 (King of Thieves), kalimat pertama yang dinyanyikan Jasmine kaya begini:

"You showed me the world when I was all locked up inside"

Harfiahnya seperti Jasmine, terkungkung di tembok istana, ngga bisa keluar dan main ke mana-mana. Ngga bisa berpetualang seperti kata hatinya. Tapi mungkin filosofinya jauh lebih besar dari itu. Mungkin yang terkunci selama ini adalah pikiran dan perasaan. Mungkin selama ini 'Jasmine' melihat dari sudut pandang yang terlampau sempit. Dan namanya juga putri, mungkin selama ini perasaannya dikunci hingga ngga bisa bebas mengungkapkan isi hati. Mau ketawa ditahan, sedih ditahan, marah ditahan, takut ditahan. Lha wong mau jatuh cinta aja ditahan. Dan ketika muncul orang seperti 'Aladdin', yang dengan tulus menarik keluar semua yang tertahan itu, yang membebaskan kita mengungkapkan pikiran, perasaan dan mimpi-mimpi, gimana sih rasanya? Ketika dia menunjukkan tempat-tempat baru yang belum pernah kita jelajahi, membuka sudut pandang kita jadi lebih lebar, mengajarkan empati tapi jujur pada diri sendiri, gimana sih rasanya? :)

Kalau mau melihat kenyataan lebih dekat, dunia baru yang ditunjukkan 'Aladdin' pun mungkin bukan sekedar dunia yang kasat mata. Bisa jadi 'dunia' itu wujudnya kebiasaan-kebiasaan baru. Atau mungkin sekedar dikasih denger lagu-lagu 'baru' yang selama ini belum pernah kita denger, film-film yang belum pernah kita saksikan, disodorin buku-buku yang ternyata bikin kita jadi orang yang baru. Atau mungkin diajarin ilmu-ilmu baru, sesuatu yang selama ini kita ngga tau tapi rupanya perlu, apalagi kalau ilmunya ternyata asik dan seru. Itu juga sebuah dunia baru kan? :)

Mungkin sekarang saya sedikit mengerti perasaan Jasmine. Mungkin memang ada orang yang luarnya tidak seberapa, tapi dalamnya berupa berlian yang bersinar luar biasa. Kata siapa harta karun itu wujudnya cuma emas perak permata kaya di film-film Pirates of Caribbean? Orang kaya Aladdin itu harta karun juga lho :)






*PICTURE FROM HERE

0 comments:

 

Confessions of A Not-It Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea