Wednesday, April 6, 2011

Hanya untuk Sebuah Kesenangan

Posted by Icha at 7:36 PM
Hallo, everyone!! Ini sebenarnya tulisan yang udah saya save dari lama, tapi baru sekarang diposting ^_^

Tulisan saya kali ini, as usual, agak curcol. Suatu hari seseorang nanya ama saya.

"Cha, kok kamu ngga kuliah di jurusan bahasa aja?"

Wah, awal conversation yang menarik nie, pikir saya. Jadi saya jawab pertanyaannya tadi dengan gaya khas saya yang cengar-cengir.

"Salah satu alasannya karena menurutku bahasa itu bisa belajar sendiri, Mba."

"Tapi kan bahasamu bagus. Kamu suka ngomong pula," kata dia.

Saya senyum. "Mba, jujur ya, aku tuh emang suka baca, tapi aku ngga suka menelaah apa yang aku baca. Kalo aku kuliah di bahasa aku bakal bosen."

"Tapi kan kalo kuliah di bahasa peluangmu bakal terbuka. Kamu bisa jadi tour guide. Apalagi kamu suka ngomong. Peluangmu bakal terbuka luas," Dia berusaha menjelaskan dengan keukeuhnya.

Saya jawab, masih dengan gaya cengar-cengir dan senyum lebar. "Nah, masalahnya aku tuh ngga suka kerja lapangan, Mba. Aku emang suka ngomong, tapi aku ngga suka kerja keluar-keluar gitu. Aku lebih suka ngendon di tempat yang dingin, ya kaya ubyek di lab gitu lah."

Di luar dugaan, jawaban orang itu begini, "Wah, kalo gitu berarti kamu pemalas."

Mak deg, seketika itu juga. Kok jadi gini sih arah pembicaraannya.

Temen orang tadi ikut nimbrung pembicaraan kami. "Kuliah itu kan mestinya pertimbangan pekerjaan ke depannya, De. Kalo kamu kuliah di bahasa, peluang kerjamu bakal lebih luas."

"Wah, jujur ya Mba, dulu aku kuliah ngga mikirin bakal ke arah kerja. Yang penting aku seneng kuliah di situ, nilainya bisa bagus," saya jawab sambil ketawa.

"Nah, kalo pemikiranmu kaya gitu berarti kamu masih anak kecil. Kalo cara mikirmu kaya gitu, nanti kamu bakal susah di dunia kerja," jawab mereka.

Saya mikir, kalo pembicaraan ini diterusin yang ada saya makan ati. Sudut pandang beda, kalo diterusin ampe isya juga ngga bakal ketemu. Akhirnya saya sudahi konversasi itu dengan ucapan,"Yah, rezeki kan kita ngga pernah tau, Mba. Kalo emang rezeki ntar kerjaan juga pasti dateng."

Nah, sekarang saya pengen selengkapnya menjabarkan sudut pandang saya tentang kejadian di atas. Pastinya readers punya pertanyaan tentang narasi tadi dong ya. Mungkin salah satu atau semuanya adalah ini:
Kenapa saya ngga kuliah di jurusan bahasa dengan segala kemampuan, kesukaan saya ngomong dan hobi baca saya?
Kenapa saya bahkan ngga mikirin pekerjaan sehubungan dengan jurusan kuliah yang saya pilih sekarang?

Well, alasannya cuma satu. Karena saya SUKA dengan apa yang saya jalani dan pelajari sekarang.

Saya kuliah di jurusan Biologi. Sejujurnya itu adalah pilihan kedua saya waktu SPMB. Tapi ternyata takdirnya saya keterima di situ dan itu artinya saya HARUS kuliah di situ. Bagi sebagian orang, diterima di pilihan kedua hanya untuk mengisi waktu sebelum akhirnya menjajal SPMB (atau SNMPTN atau apalah istilahnya sekarang) lagi tahun berikutnya demi mengejar pilihan pertamanya. Saya pun menjajal SNMPTN lagi menjelang tahun kedua saya kuliah. Tapi bahkan sebelum memutuskan untuk menjajal lagi, saya berjanji pada diri sendiri. Di sini, di Biologi, saya ngga boleh jadi ece-ece!! Saya akan tetep mengeluarkan kemampuan terbaik dan dapat prestasi bagus.

Kenapa? Karena Biologi bukan sekedar pilihan kedua. Biologi adalah pilihan kedua yang saya SUKAI.

Saya suka biologi. Saya cinta pelajaran itu dari SMP. Saya memasukkan jurusan itu ke daftar pilihan di formulir SPMB karena saya SUKA.

Jujur, saat itu saya ngga berpikir mau jadi apa atau mau kerja di mana. Saya cuma berpikir saya harus jadi yang terbaik di manapun saya berada. Saya cuma berpikir kuliah di Biologi itu untuk satu tujuan: mencari sebuah KESENANGAN.

Mencari kesenangan bukan berarti saya mau seneng" mulu. Maksudnya saya pengen berprestasi di sini dengan perasaan senang. Karena saya tau ketika saya senang menjalani sesuatu, secara ngga sadar saya akan ikhlas menerjunkan diri saya ke sana, dan efeknya saya akan mudah memperoleh semua impian saya.

Mau bukti?? Jangan ya, ntar saya dikira sombong lagi. Yang jelas, sebuah keSENANGan bisa mengantarkan saya dapet nilai A, dapet tempat PKL yang saya pengen dan moga" saya bisa mencintai skripsi biar cepet beres. Hehe..... Well, emang itu semua kelihatan sederhana, tapi sesuatu yang bermodal rasa SUKA, SENANG, CINTA, pasti hasilnya bakal luar biasa!!

Sekarang, kesibukan jadi asisten pun saya jalani cuma dengan satu tujuan: mencari sebuah KESENANGAN. Saya seneng belajar bareng adik-adik tingkat. Saya seneng godain mereka sembari pengamatan biar suasana ngga tegang. Saya seneng berbagi cerita waktu masa-masanya jadi praktikan dan akhirnya malah dimintai tips-tips menaklukkan pretest, responsi, menghadapi matkul yang 'ajaib' dan lain-lain. Saya ngga peduli berapa gaji yang saya dapet dari ngasisteni satu semester karena itu emang bukan tujuan utama. Saya pun ngga kalap ngelamar di semua lowongan asisten karena bagi saya useless kalo saya ngasisteni di matkul yang ngga saya suka walaupun nilai saya dulunya bagus.

Les bahasa Jepang yang saya jalani sekarang pun saya lakukan semata-mata karena saya SUKA bahasa Jepang. Saya suka dengerin lagu-lagu anime dan J-pop sejak SMP. Sekarang ditambah lagi keracunan dorama. Ngga ada alasan lain. Kalaupun nanti saya bisa kuliah ke Jepang, itu bonus dari Allah SWT, tapi kalau ngga, well, it's okay. Yang penting hobi dan kesenangan saya terpuaskan dulu.

Jadi inilah saya, mahasiswa Biologi yang bermodalkan rasa SUKA, SENANG dan CINTA. Saya kuliah di Biologi karena saya SUKA Biologi. Saya ngga peduli tentang pekerjaan karena kalau saya mencintai kuliah dan belajar saya sekarang, insya Allah saya akan berprestasi dan secara otomatis pekerjaan nantinya akan menghampiri saya. Besides, saya ngga perlu khawatir karena Allah yang akan ngatur semua rezeki. Saya cuma perlu baca Bismillah dan berusaha sebaik-baiknya dalam kapasitas sekarang sebagai mahasiswa.

Saya pernah baca sebuah kalimat di buku favorit saya, Quantum Ikhlas, yang kira-kira begini:
Kebahagiaan hati adalah alat utama kesuksesan kita. Perasaan bahagia adalah penyebab utama, bukan akibat dari keberhasilan.
Ngga munafik, saya juga ingin berhasil, ingin sukses. Tapi sebelum sukses saya pengen bahagia, senang dan suka dulu dengan semua yang saya kerjakan. Saya pengen melakukan segala hal karena SENANG, bukan untuk mencari kepuasan materi atau semacamnya. Saya juga pengen banget bisa sholat, berdoa dan beribadah karena SENANG, bukan karena semata pengen doa-doa dikabulkan. Kayanya susah, tapi apa salahnya dicoba. Siapa tau semakin bahagia hati kita saat berdoa, semakin lancar doa kita di-ACC ama Allah SWT.

Let's be happy, friends!! ^___^

3 comments:

drreza said...

yang ini juga bagus....:)

sedikit curhat, gw masuk kedokteran sebenernya bukan krn gw suka atw cinta sm ni profesi, tp krn gw ga suka matematika dan krn gw anak IPA...*pikiran gw waktu mw masuk ni fakultas

but thanks, tulisan lu mendorong gw untuk berpikir "mulai hari ini gw harus total dan cinta sama apa yg gw jalani"...

smangat!!!!

Icha said...

siiiiippppp..... alhamdulillah kalo bisa ngasih sedikit pencerahan. ayo semangat!!!! ^_^

Axedo said...

sudah saya follow tuh blog kamu. Follback yach...
Kalo bisa mohon coment lagi. Hehehehh
http://ax35.blogspot.com

 

Confessions of A Not-It Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea